Rabu, 09 November 2011

Karya Inovasi Pembelajaran Untuk Menghentikan Kekerasan, Kerusakan Lingkungan Alam dan Korupsi”

Rounded Rectangle: Nama  : Bambang Purnomo, S.Pd.
Sekolah: SMP Negeri 2 GombongKarya Inovasi Pembelajaran Untuk Menghentikan Kekerasan, 
Kerusakan Lingkungan Alam dan Korupsi

Oleh: Bambang Purnomo.


A. Kondisi Siswa sebelum Pembelajaran Inovatif
            Dari hasil refleksi  pembelajaran sebelummya menunjukkan bahwa pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan    menyenangkan  belum sepenuhnya optimal, karakter siswa belum diketahui, kompetensi penguasaan teks naratif belum dimiliki siswa, seberapa aktif dan senang siswa belum juga diketahui, sehingga menimbulkan masalah apakah proses pembelajaran naratif yang menyenangkan dapat mengaktifkan, mengkreatifkan dan mengefektifkan siswa dalam penyampaian pesan moral terhadap anti-kekerasan, anti-kerusakan lingkungan alam dan anti korupsi tanpa harus mengurangi pencapaian kompentensi sesuai dengan apa yang diprogramkam dalam kurikulum.
  
B. Inovasi Pembelajaran yang Dilakukan
            Langkah-langkah pembelajaran inovasi pembelajaran teks naratif yang saya lakukan adalah dengan menggunakan multimedia melalui metode BangMoGI. Tahapan BangMoGI adalah sebagai berikut: Bang (membangun) yaitu suatu tahap untuk membangun motivasi, piranti maupun pengetahuan unutk memproduk teks naratif, Mo (model) memberi model teks sekaligus menyampaikan pesan moral, G (group) melatih siswa kerja kelompok dan I (individual) memberi kesempatam siswa untuk melakukan secara mendiri. Saya lakukan pengamatan klasikal untuk mengetahui karakter siswa, saya adakan penilaian proses maupun penilaian hasil untuk mengethui pencapaian kompetansi siswa, saya beri kesempatan pada siswa untuk mengetahui tentang keaktifan mereka dengan mengisi sendiri blangko’ STUDENT SELF-ASSESSMENT PROGRESS’ pada kolom-kolom aktivitas dengan tally, dan saya juga memberikan kuesioner untuk mengetahui seberapa besar rasa senang siswa terhadap suatu media pembelajaran. Media yang dimaksud adalah: OHP, TV dan VCD player serta Komputer multi media. Pesan moral untuk membentuk karakter siswa yang anti-kekerasan, anti kerusakan alam dan anti-korupsi kita lakukan melalui alur cerita teks naratif dan melalui penokohan dalam cerita teks naratif tersebut. Pesan moral yang sampai pada siswa saya pertegas dengan unjuk sikap (suka atau tidak suka, ingin sepert itu atau tidan ingin seperti itu) dan pada waktu siswa mengangkat tangan sesuai dengan karakter yang disebutkan saya , waktu itulah pengamatan dilakukan. Siapa yang memilih tokoh yang baik dan siapa yang memilih tokoh yang buruk, dari sinilah kita membentuk sikap dan moral siswa. Materi disesuiakan dengan pesan moral apa yang akan disampaikan.

C. Kondisi Siswa setelah Diberikan Pembejaran Inovatif
            Setelah diberikan pembelajaran inovatif menujukkan hasil  sebagai berikut: Menggunakan komputer multi-media angkanya mencapai 100% siswa sangat senang;  TV&VCD 85% senang dan 15% sangat senang; OHP 22,5% siswa merasa  agak senang dan 77,2% senang; Hasil kuesioner siswa menujukkan 100% siswa memihak pada kebaikan dan kebenaran; Penilaian Kompetensi siswa menunjukkan nilai mendengar 82,58, berbicara 82,40, membaca 81,40 dan menulis 76,68; Data keaktifan siswa menunjukkan aktifitas questioning 174 tallies, answering 160 tallies, expressing 84 tallies dan practicing 76 tallies dan seluruh aktifitas siswa 494 tallies semakin banyak tallies semakin aktif.
            Simpulan dari data diatas bahwa komputer multi-media  dengan proses pembelajaran metode BangMoGI telah berhasil mengaktifan, mengkreatifkan, mengefektifkan dan menyenangkan siswa dan pembelajaran teks naratif telah memberikan pesan moral untuk membentuk karakter siswa yang anti-kekerasan, anti Kerusakan Alam dan anti-korupsi sehingga dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran khususnya para guru Bahasa Inggris  dan guru-guru lain pada umumnya.  Metode BangMoGI dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran khususnya bagi guru Bahasa Inggris dan guru-guru mapel lain pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar