Rabu, 09 November 2011

Cara Sukses Usul Angka Kredit ke IV b


Cara Sukses
Usul Angka Kredit ke IV b
Oleh:
Bambang Purnomo 

I. PENDAHULUAN
            Kenaikan pangkat dari golongan II a sampai dengan golongan IV a relatif mudah dan tidak adanya syarat khusus yang harus dilaksanakan sebagai syarat untuk usul angka kredit guna kenaikan pangkat pada golongan-giolongan pangkat tersebut.
            Kenaikan pangkat dari golongan IV a ke golongan IV b ke atas seorang guru harus menyertakan kegiatan pengembangan profesi yang merupakan syarat wajib yang harus ada dalam penilaian angka kredit ke IV b sebesar 12 poin angka kredit yang harus diperolah selama guru tersebut menduduki golongan IV a.
            Kenyataan yang ada sampai saat ini kenaikan ke golongan IV b masih relatif sedikit karena masih banyaknya para guru enggan untuk mengusulkan angka kreditnya ke golongan IV b dengan berbagai alas an dan argumentasi mengapa beliau tidak mau mengusulkannya padahal mereka sudah duduk di golongan IV a sudah cukup lama bahkan ada yang lebih dari 5 tahun.
            Hal tersebut diatas tentunya ada masalah yang menyebabkan mengapa mereka enggan dan apa solusi untuk membangkitkan minat mereka untuk meningkatkan profesionalisme.

II. MEMBANGUN MOTIVASI
            Keinginan atau motivasi adalah salah satu penyebab seseorang mau atau tidakmau untuk melakukan sesuatu. Hal ini jadi penting pada saaat seseorang yang sudah nyaman dengan status quo untuk melakukan perubahan pada kondisi yang berbeda yang mungkin akan mendatangkan hal-hal baru yang harus dimiliki pada diri seseorang tersebut. Mudahkan seseorang merubah dirinya menjadi seorang yang memiliki motivasi tinggi untuk melakukan sesuatu yang jelas-jelas akan mempengaruhi kenyamanan diri seseorang yang sudah lama mereka nikmati?
            Kita tahu bahwa guru adalah jabatan fungsional untuk meningkatkansalah satu bentuk  kesejahteraan yang relevan dengan bidang tugasnya adalah dengan usul angka kredit sehingga dapat  naik pangkat setinggi-tingginya karena peraturan telah memberi kesempatan kepada semua Janis dan jenjang guru untuk dapat naik pangkat sampai ke golongan IV e.
            Perenungan hati dan senam hati perlu dilakukan oleh masing-masing individu untuk membangkitkan motivasi sehingga seseorang mau untuk memulai merubah apa yang mungkin sudah dirasa nyaman selama ini. Gunakan ilmu AMBaK  untuk membangkitkan motivasi diri.

A. Apa itu Ilmu AMBaK?
            Ilmu AMBak adalah ilmu yang melatih hati nurani seseorang untuk melakukan/atau tidak melakukan sesuatu diukur dengan kebermanfaatan hal tersebut dengan cara menanyakan pada hati nurani masing-masing individu?
            A         : Apa
            M         : Manfaat
            Ba        : Bagi
            K         : Ku ?

B. Melatih dengan Senam Hati
            Diri yang belum memiliki motivasi diibaratkan sebuah bidang lingkaran yang gelap. Tugas individu tersebut untuk mengolah hati dengan selalu menanyakan apakah bermanmaat atau tidak bermanfaat begi seseorang jika seseorang melakukan sesuatu.

Contoh:

Gambar 1: Gambar pada kondisi seseorang 0 % tidak memiliki motivasi.digambarkan oleh bidang lingkaran yang gelap total
 
Kondisi individu yang seperti itu sangatlah sukar untuk merubahnya, kecualai individu itu sendiri berniat untuk berubah. Hal tersebut terjadi karena individu tersebut sudah nyaman dan menikmati kondisi yang demikian atau bisa dikatakan sudah puas pada status quo tersebut.
Gambar 2 : Gambar pada kondisi seseorang 25 % memiliki motivasi.digambarkan oleh bidang lingkaran yang cukup gelap
 
Kondisi individu yang seperti itu masih sukar untuk merubahnya, kecuali individu itu sendiri berniat untuk berubah. Hal tersebut terjadi karena individu tersebut telah mandapat kenyamanan dan kenikmatan yang masih mempengaruhi pada dirinya untuk merubah dari kebiasaan yang sudah dialami selama ini dan tidak yakin kalau dirinya melakukan perubahan mungkin juga tidak merubah apapun..


Gambar 3 : Gambar pada kondisi seseorang 50 % memiliki motivasi.digambarkan oleh bidang lingkaran yang setengah gelap
 
Kondisi individu yang seperti itu tinggal tambahkan niat untuk merubahnya, maka kondisi akan segera berubah. Hal tersebut terjadi karena individu tersebut telah mandapat modal yang cukup baik untuk merubah dirinya karena 50% motivasi telah dimilikinya. Selanjutnya dipupuk terus agar motivasinya  kian bertambah. Mereka tinggal membuat keputusan basar dalam hidupnya. Mau berubah atau tetap? Kalau berubah tentu ada resiko dan kosekuensinya untuk menghadapi tantangan dan mengisi peluang yang ada.

Gambar 4 : Gambar pada kondisi seseorang 75 % memiliki motivasi.digambarkan oleh bidang lingkaran yang sedikit gelap
 
Kondisi individu yang seperti itu sudah dalam proses perubahan ke hal yang lebih baik, lebih positif, dan sudah memiliki jiwa optimis yang diyakini akan merubah dirinya ke hal yang lebih baik dari kondisi sekarang. Kondisi demikian tinggal menambahkan cara-cara, solusi-solusi apa yang harus dilakukan sehingga dapat unt6uk segera berubah ke kondisi yang lebih baik.
Gambar 5 : Gambar pada kondisi seseorang 100 % memiliki motivasi.digambarkan oleh bidang lingkaran yang benar-benar terang
 
Kondisi individu yang seperti itu sudah yakin benar bahwa perubahan kehal yang lebih baik, lebih positif harus dilakukan dan sudah merupakana kebutuhan dalam hidupnya. Karena hidup sendiri adalah hal yang berubah. Hidup adalah integral proses yang dibatasi oleh adanya kelahiran dan kematian. Apa saja kegiatan yang bermanfaat akan dilakukan untuk merubah keadaan yang lebih baik dan lebih positif.

C. Refleksi Diri
            Selanjutnya pada posisi dimana keberadaan kita? Tentu hanya individu-individu masing-masing yang tahu persis keberadaannya. Untuk itu perlu  mengintrospeksi kita masing-masing, setelah itu berniat untuk melakukan keputusan besar dalam hidup yang serasa sudah nyaman tetapi sebenarnya masih banyak yang bisa dilakukan dengan cara membuat keputusan dalam diri masing-masing untuk saatnya berubah? Sekali lagi putuskan bahwa kita bisa untuk segera berubah. Jadikanlah bukan saatnya menjadi saatnya.

III. PENGEMBANGAN PROFESI GURU
Pengembangan profesi yang dapat dilakukan oleh seorang guru ada 5 kegiatan antara lain: Karya Tulis Ilmiah, Pengembangan Kurikulum, Karya Seni, Alat Peraga dan Teknologi Tepat Guna. Dari ke lima kegiatan yang sangat memungkinkan dilakukan oleh seorang guru dan memiliki peluang yang sangat besar utnuk berhasil melakukan kegiatan tersebut adalah kegiatan karya tulis ilmiah. Kegiatan Karya Tulis Ilmiah meliputi: makalah yang dipulikasikan, makalah yang tidak dipublikasikan, buku, diktat/modul, tulisan ilmiah dan sebagainya seperti yang tertera pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 025/O/1995 tentang petunjuk teknis ketentuan pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.

A. Petunjuk Teksnis Pengajuan Angka Kredit ke Golongan  IV b ke Atas:

            Bagi pegawai yang akan mengajukan angka kredit golongan IV A ke atas, harus melampirkan :
1. Surat pengantar dari Kepala Sekolah
2.  Bukti fisik Proses Belajar Mengajar
3.  Bukti fisik Pengembangan Profesi (Daftar yang diusulkan)
4. Bukti fisik Pengembangan Profesi (Bukti fisik asli/foto copy yang sudah disahkan)
5.  DP3 2 tahun terakhir
6.  Kartu pegawai ( fotocopi dilegalisir )
7.  SK Kenaikan pangkat terakhir ( fotocopi legalisir )
8.  PAK ( Penetapan Angka Kredit ) terakhir ( fotokopi dilegalisir )
9.    Sertifikat/STTPL/Ijasah yang per nah diikuti sesuai dengan bidang tugas
10.  Surat keterangan mengikuti seminar
11.  Surat Keterangan menjadi anggota / pengurus organisasi ( profesi dll )

Keterangan:
* Pengesahan Pengembangan Profesi oleh Kepala Sekolah, Perpustakaan Sekolah dan Organisasi Profesi ( PGRI )
* No. 9, 10 dan 11 hanya jika ada, ( fotocopi dilegalisir )

B. Alur Praktis Mengajukan Karya Ilmiah/Karya Tulis Ilmiah (KTI)

            Sekarang, alur untuk mengajukan karya tulis ilmiah di Provinsi Jawa Tengah sudah lebih praktis dibanding sebelumya. Adapun cara pengajuan penilaian angka kredit ke IV b adalah sebagai berikut:
  1. Berkas usulan angka kredit baik tentang pembelajaran maupun berkas usulan pengembangan profesi diusulkan secara bersama-sama. (Dari pengalaman hanya diminta rangkap 1)
  2. Bukti pengembangan profesi dibuat daftar karya pengembangan profesi yang disatukan dengan bukti fisik karya asli/fotokopi yang sudah disahkan.
  3. Kirim/bawa sendiri ke Bagian Kepegawaian LPMP Jawa Tengah.
  4. Ikuti langkah-langkah seperti dalam diagram gambar 5 di bawah ini.

Gambar 5: Diagram gambar alur praktis mengajukan penilaian karya ilmiah/karya tulis ilmiah.

C. Keberhasilan Usulan
            Untuk mengetahu berhasil atau tidaknya suatu usulan pada periode penilaian tertentu dapat diidentifikasi dengan pengamatan proses sebagai berikut:
Jika dalam kurun waktu tertentu setelah adanya penilaian.
  1. Bagi yang dikirimi surat pemberitahuan dari LPMP Jawa Tengah biasanya masih ada kekurangan untuk mencapai nilai 12 berarti usulan pada saat itu belum lolos.
  2. Bagi yang tidak ada pemberitahuan berarti usulan lolos dan akan dikirim PAK nya langsung dari Depdiknas pada yang bersangkutan.
D. Tim Penilai di Jawa Tengah
            Berdasarkan Surat Keputusan Biro Kepegawaian Departemen Pendidikan Nasional tim penilai pusat yang ada di Jawa Tengah adalah sebagai berikut:
1. Prof. Drs. H. Supardi
            2. Drs. H. Sudibyo AP, M.Pd
            3. Dra. Hj. Andjar Prijatmi, Msi
            4. Drs. H. Muryono, SH, M.Pd
            5. Drs. Sukirman, S.Pd, SH, MM

IV. CONTOH-CONTOH BERKAS USULAN KE IV B

A. Cover Usulan





DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 2 ROWOKELE
Alamat: Jalan Wonoharjo Km. 1 Desa Wonoharjo
Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen
Kode Pos 54472  Telpon (0287)5528222






DAFTAR USUL PENETAPAN ANGKA KREDIT JABATAN GURU
MASA PENILAIAN
01 Juli 2005
s/d
30 Juni 2007



KETERANGAN PERORANGAN
1. N A M A

BAMBANG PURNOMO, S.Pd.
2. NIP/NOMOR SERI KARPEG
131840962 /E. 821913
3. TEMPAT/TGL.LAHIR
Kebumen, 25 April 1965
4. JENIS KELAMIN

Laki-laki
5. PEND. YANG TELAH
Sarjana/Akta IV
    DIPERHITUNGKAN ANGKA
    KREDITNYA

6. PANGKAT/GOL.RUANG/TMT
Pembina / IV a / 1 Oktober 2005
7. JABATAN GURU / TMT
Guru Pembina / 1 Oktober 2005
8. MASA KERJA GOL
LAMA
14 tahun 7 bulan
BARU
16 tahun 4 bulan
9. JENIS GURU

Guru Mata Pelajaran
10. TUGAS

Mengajar Bahasa Inggris
11. ALAMAT
SEKOLAH
Jalan Wonoharjo Km. 1 Wonoharjo Kecamatan Rowokele Kab. Kebumen KP 54472 Telp. (0287)5528222
RUMAH
Gang Anggrek III/155 Rt 08 Rw 01 Gombong Kabupaten Kebumen KP 54411 Telpon (0287) 5528228 HP 08157998113











B. DUPAK Lampiran I






Lampiran I :KEPUTUSAN MENDIKBUD





NOMOR : 025/1995
TANGGAL : 8 MARET 1995















DAFTAR USUL PENETAPAN ANGKA KREDIT JABATAN GURU


MASA PENILAIAN


1 JULI 2005
S/D
30 JUNI 2007









NO
KETERANGAN PERORANGAN

1
N A M A

BAMBANG PURNOMO, S.Pd.

2
NIP/NOMOR SERI KARPEG

131840962 / E.821913

3
TEMPAT/TGL.LAHIR

Kebumen, 25 April 1965

4
JENIS KELAMIN

Laki-laki

5
PEND. YANG TELAH

Sarjana / Akta IV

DIPERHITUNGKAN ANGKA


KREDITNYA


6
PANGKAT/GOL.RUANG/TMT

Pembina/ IV a/  1 Oktober 2005

7
JABATAN GURU / TMT

Guru Pembina / 1 Oktober 2005

8
MASA KERJA GOL
LAMA
14 tahun 07 bulan

BARU
16 tahun 04 bulan

9
JENIS GURU

Guru Mata pelajaran

10
TUGAS

Mengajar Bahasa Inggris

11
ALAMAT
SEKOLAH
Jln.Wonoharjo Km 1 Rowokele Kebumen KP 54472,Telp.(0287)5528222

RUMAH
Gg.Anggrek III/155.RT 08 RW 01 Gombong

NO
UNSUR YANG DINILAI
ANGKA KREDIT MENURUT

SEKOLAH PENGUSUL
TIM PENILAI

LAMA
BARU
JUMLAH
LM
BR
JML

1
2
3
4
5
6
7
8

I.
UNSUR UTAMA








Nilai Pada penetapan angka kredit No:








860/10277/2005
381,918

381,918





1.Pendidikan 








1.2.Pendidikan dan Pelatihan Kedinasan 








      serta memperoleh Surat Tanda








      Tamat Pendidikan dan Pelatihan








      (STTPL)








1.2.1. Training of Trainers (TOT) th. 2005

1,000
1,000





     Mapel Bahasa Inggris selama 40 jam








1.2.2. Workshop pemantapan CTL(2006)

1,000
1,000





         selama 60 jam








1.2.3. Pelatihan Tim penyusun soal

1,000
1,000





       tahun 2006 selama 32 jam








1.2.4. Pelatihan Pengembangan silabus

1,000
1,000





          selama 50 jam tahun 2005







II.
PROSES BELAJAR MENGAJAR /








BIMBINGAN KONSELING








1. Proses belajar mengajar








   1.1. Melaksanakan Penyusunan

16,652
16,652





          program pengajaran selama








         4 Semester.








         - 4 x 4,163








   1.2. Melaksanakan Penyajian program

24,992
24,992





          pengajaran selama  4 semester








          - 4x 6,248








   1.3. Melaksanakan Evaluasi belajar

8,340
8,340





          selama 4 Semester








          - 4 x 2,085








   1.4. Melaksanakan analisa hasil

5,552
5,552





          evaluasi  belajar








          selama 4 Semester








          - 4 x 1,388








   1.5.Melaksanakan penyusunan dan

5,552
5,552





         pelaksanaan program perbaikan








         dan pengayaan selama 4 semester








         - 4 x 1,388








  1.6.Bonus kelebihan jam mengajar

10,41
10,41





        T.P 2005/2006 12 jam dan








        T.P 2006/2007 18 jam








        - 30/18 x  6,248








  1.7. Membimbing siswa dalam kegia-

4,560
4,560





         tan ekstrakurikuler








         selama 4 Semester








         - 4 x 1,140








  1.8. Melaksanakan kegiatan EBTA/








         EBTANAS,UAN/UANAS








         a.Menyusun kisi-kisi








         b.Menyusun soal








         c.Mengawas selama 2 tahun

0,720
0,720





           - 18 x 2 x 0,020








         d.Memeriksa








1.9. Bonus Guru Teladan /Prestasi

30,000
30,000





Tingkat kabupaten Juara I (80%x37,5)








1.10. Melaksanakan tugas tertentu

4,000
4,000





di Sekolah sebagai Kepala Sekolah








SMP Negeri 2 Rowokele Kab. Kebumen







III
PENGEMBANGAN PROFESI








1. Karya Tulis Ilmiah hasil penelitian,








pengkajian,survei dan atau evaluasi








di bidang pendidikan yang








dipublikasikan








1.1. Dalam Majalah ilmiah'EDUCATIF'








       Jurnal Pendidikan Vol 1, No,1

6,000
6,000





     Mei 2006 ISSN:1907-4484








    (hal..53-60) dengan judul








     Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa








     Inggris melalui'Metode 'BangMoGI'








2. Karya Tulis Ilmiah hasil penelitian








pengkajian,survei dan atau evaluasi








di bidang pendidikan yang tidak








dipublikasikan dalam bentuk buku dan








didokumentasikan di Perpus sekolah








yang berjudul antara lain:








2.1. Dalam bentuk makalah dengan judul








2.1.1. Pencapaian Kompetensi melalui

4,000
4,000





          Pembelajaran Teks(Genre)








2.2.2.Genre sebagai Bahan Ajar untuk 








     Meningkatakan Hasil Belajar dan Budi

4,000
4,000





     Pekerti Siswa Kelas 7A SMP N 2 Gb.








2.2.3. Optimalisasi Reading

4,000
4,000





        Comprehension  melalui








      'Paper House Independence








      Translating'








2.2.4. Upaya pemecahan masalah

4,000
4,000





      SMP N 2 Rowokele dalam 135 hari








      melalui Schoolbased Action








      Research (SAR)








2.2.5.Kontektualisasi Pembelajaran

4,000
4,000





      Writing dengan Menggunakan








      Magic Whist melalui Metode








      BangMoGI








2.2.6. Optimalisasi Pembelajaran Teks

4,000
4,000





       Report dengan Menggunakan








      Magic Whist memalui Metode








       BangMoGI








2.2.7. Optimalisasi Gain Score

4,000
4,000





      Achievement Nilai Ujian Nasional








      melalui LUN








3. Menyampaikan prasaran berupa








berupa tinjauan,gagasan atau ulasan








ilmiah dalam pertemuan ilmiah








3.1. Simposium Bahasa Inggris Tk Prop

2,500
2,500





dan Tk Nasional dengan Judul:








Optimizing Learning Media to Create








The Enjoyable English Learning Proses








dan direvisi di Tk Nas. dengan judul








Optimizing Learning Media to Create








The Enjoyable English Learning Proces








for Gaining Student Competence through








The Genre The Genre Learning proces








3.2. I Inovasi Pembelajaran Teks Report

2,500
2,500





 menggunakan program power point








dengan Metode BangMoGI








4. Menyusun diktat pelajaran








4.1. Student's Worksheet for The seventh

1,000
1,000





       Year Students 7A and 7B








4.2. Cojugation of Verbs , Tenses and

1,000
1,000





      Genres








4.3. Pembelajaran teks Descriptive,

1,000
1,000





     Report,Procedure, Recount dan








    Narative for the ninth student








5. Membuat alat pelajaran/








   alat peraga








5.1. CD Pembelajaran dengan program

0,500
0,500





       power point








5.2  CD Pembelajaran Teks Naratif

0,500
0,500





5.3. CD Pembelajaran Teks Report

0,500
0,500





JUMLAH UUNSUR UTAMA
381,918
158,281
540,199




IV
PENUNJANG PROSES BELAJAR








MENGAJAR/BIMBINGAN KONSELING








Nilai pada Penetapan Angka Kredit








860/10277/2005
38,256

38,256





1. Pengabdian panda masyarakat








1.1. Peserta seminar

1,000
1,000





1.2. Anggota aktif Koperasi Rukun

0,300
0,300





       - 2 x 0,15(2 tahun)








1.3. Peng.Gudep 093/094 SLTP2GB.

0,500
0,500





       - 1x 0,25 ( 1 tahun )








1.4. Ketua 2 RW 01 Gombong

0,500
0,500





       - 2 x 0,25 =  ( 2 Tahun )








2. Pendukung Pendidikan








2.1. Peserta seminar KBK dan

1,000
1,000





       CTL Bahasa Inggris








2.1. Wkl Ket. MGMP B ING.Kab.Keb.

1,000






2.2. Ang.PGRI(2th)-2x0,5

1,000
1,000





2.3. Ket.Pan.Ebta/nas(2th)-x0,2

0,400
0,400





2.4. Ang.Pan.PSB(2th)-2x0,2

0,400
0,400





2.5. Urusan Peng.(th)-1x0,5

0,500
0,500





2.6. Guru piket(2th)-1 x 0,5

0,500
0,500





2.7. Piagam Peng.Tk Nasional 2 buah

6,000
6,000





2.8. Piagam penghargaan Tk Jateng

7,500
7,500





       3 buah








3. Bonus Guru Teladan /Prestasi

7,500
7,500





Tingkat Kabupaten Juara I (20%x37,5)








JUMLAH UNSUR PENUNJANG
38,256
35,600
73,856




JUMLAH UNSUR UTAMA
540,199
73,856
614,055




DAN PENUNJANG


BAHAN YANG DINILAI

















1. SURAT-SURAT KEPUTUSAN
: SK pembagian Tugas Mengajar tahun 2005/2006 s.d. 2006/2007



  ( butir a sampai dengan e )





a. SK Kep.Sek No.800/208/2005 tanggal 18 Juli 2005



b. SK Kep.Sek No.800/048a/2006tanggal 30 Januari 2006



c. SK Kep.Sek No.800/251/2006 tanggal 1 Juli 2006



d. SK Kep.Sek No.800 / 007/2006 tanggal 2 Oktober 2006



e. SK Kep.Sek. No.800/010/2007 tanggal 29 Januari 2007



f.  Sk.Kep Dinas P dan K Kab. Keb. No.421/496 tgl.10 Peb. 2004



    tentang pengurus MGMP B.Inggris Kab.Kebumen



g. SK Ka.Dinas PdanK Kab.Keb.No.421/656b/KEP/2006



    tanggal 16 Maret 2006 tentang Ujian Nasional



h. SK KeputusanKep. Kel. Gb.No 01tahun 2003 tgl 10 Sept.2003



    tentang penunjukan Ketua II RW 01 Kel. Gombong



i.  SK Kep.Sek.tentang panitia PSB thn 2005 No. 820/457



    tgl 7 Juni 2005 dan 2006 No 800/244/2006 tgl 24 Juni 2006



j.  SK Kep Dinas P dan K Kab. Keb. Tentang pembentukan peng.



    MGMP B. Ing Kab Kebumen masa bhakti 2006-2008



    Nomor: 421/1088.C tanggal 29 April 2006




k. SK Kep. SMP N 2 Gombong tengtang panitia penyelenggaraan



    Unas Nomor: 800/141a/2006 tanggal 1 April 2006



l. SK Bupati Kebumen tentang Pengangkatan dan Pemindahan Guru



   yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah



   Nomor: 821.2/06/2006 tanggal 25 Agustus 2006


2. SURAT TANDA TAMAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (STTPL)






1.  STTPL TOT MGMP Provinsi Jateng Oleh Dinas P dan K Prov.



   Jateng tgl 1 s.d. 5 Agustus 2005





   No: 861/50489 tanggal 29 Nopember 2005




2. STTPL Workshop pemantapan CTL oleh Dirjen Manajemen



   Dikdasmen Nomor: 18069/C3/PG/2005 tgl 1 Januari 2006



3. STTPL Pelatihan Tim Penyusun soal Tk Kab. Kebumen



    oleh Dinas P dan K Kab. Kebumen Nomor: 893/580



    tanggal 9 Maret 2006





4. STTPL Pelatihan pengembangan silabus tahun 2005


3. PIAGAM-PIAGAM PENGHARGAAN/SERTIFIKAT







1. Piagam Penghargaan Guru Berprestasi Juara I Tk Kabupaten



    Kebumen tahun 2005.





2. Sertfikat Peserta Pemilihan Guru Berprestasi Tk Prov. Jateng



    Nomor: 861/30429/2005 tanggal 15 Juli 2005



3. Piagam Simposium Guru Bahasa Inggris Tk Jateng tahun 2005



    Nomor: 861/52911 tanggal 15 Desember 2005 dan



    Surat Keterangan Peringkat I dari Penanggung Jawab Kegiatan



    Dinas P dan K Provinsi Jateng No: 230803/PMP-SMP/JT/2006



4. Sertifikat Peserta Simposium Guru Tingkat Nasional oleh



    Dirjen Manajemen Dikdasmen Depdiknas tgl 25 Nopember 2005



5. Penghargaan sebagai Finalis Lomba Inovasi Pembelajaran Guru



    oleh LPMP Jateng Nomor: 1056/F/F30/PP/2006



     tanggal 25 Nopember 2006





6. Piagam Penghargaan telah mengikuti Lomba Karya Tulis



    Peningkatan Imtaq Siswa (Integrasi Imtaq-Iptek) oleh:



    Dirjen Manajemen Dikdasmen Depdiknas tahun 2005



    Nomor: 1508/C1-PUMK 13/KP/2005  tgl 6 Desember 2005



7. Certificate peserta seminar bahasa Inggris tangall 28 maret 2006


















3. SURAT-SURAT KETERANGAN
:







a. Surat Ket. dari Ketua Koperasi Rukun




b. Surat Ket. Kamabigus Gudep 093/094 SLTP N.2 Gombong










4. BUKTI-BUKTI LAMPIRAN PENGEMBANGAN PROFESI:







a. 14 Karya Tulis Ilmiah





b. 3 buah keping CD
















Rowokele, 30 Juni 2007





Kepala SMP N 2 Rowokele





























Bambang Purnomo, S.Pd





NIP 131840962











PENDAPAT TIM PENILAI


























KETUA TIM PENILAI






















NIP.




PERSETUJUAN


























NIP.























NIP.


















C. Contoh Surat Pengantar








PEMERINTAH KABUPATEN KEBUMEN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 2 ROWOKELE

Alamat: Jalan Wonoharjo Km 1 Desa Wonoharjo
Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen
KP 54472 Telp. (0287) 5528222

 











                                                KEPADA:
                                                Yth. Kepala LPMP Jawa Tengah
                                                 Jalan Kyai Maja Srondol Kulon Semarang
                                                 KP 50263 Telp. (024) 7474192
C.q   Kepala Bagian Kepegawaian
                                                di Semarang

S U R A T   P E N G A N T A R
NOMOR: 800 /              / 2007

NO

ISI SURAT/ BARANG
JUMLAH
KETERANGAN
1.

Persyaratan Usul Penetapan Angka Kredit masa penilaian: 1 Juli 2005 sampai dengan 30 Juni 2007 atas nama: Bambang Purnomo, S.Pd. NIP 131840962 Unit kerja SMP Negeri 2 Rowokele Kabupaten Kebumen
a. Set DUPAK dalam stopmap berisi berkas usulan
b. 14 Karya Tulis Ilmiah
c. 3 buah CD Pembelajaran




2 set
1 dos
dalam dos
Di kirim dengan hormat untuk menjadikan periksa dan untuk ditindak lanjuti


                                                            Rowokele,  2 April  2007
                                                            Kepala Sekolah,


           
                                                                        Bambang Purnomo, S.Pd.
                                                                        Pembina / IV a
                                                                        NIP 131840962
Tembusan:
  1. Kepala Dinas P dan K Kabupaten Kebumen.
  2. Kabid Tendik Dinas P dan K Kabupaten Kebumen
  3. Kepala BKD Kabupaten Kebumen
 




                                                            KEPADA:
                                                            Yth. Menteri Pendidikan Nasional
 u.p. Kepala Biro Kepegawaian
       (Tim Penilai Pusat)
di  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan
 Propinsi Jawa Tengah
                                                             Jalan Kyai Maja Srondol Kulon Semarang
                                                            KP 50263 Telp. (024) 7474192
c.q   Kepala Bagian Kepegawaian
                                                            di Semarang
S U R A T   P E N G A N T A R
NOMOR: 800 /              / 2007

NO

ISI SURAT/ BARANG
JUMLAH
KETERANGAN
1.

Persyaratan Usul Penetapan Angka Kredit masa penilaian: 1 Juli 2005 sampai dengan 30 Juni 2007 atas nama: Bambang Purnomo, S.Pd. NIP 131840962 Unit kerja SMP Negeri 2 Rowokele Kabupaten Kebumen
a. Set DUPAK dalam stopmap berisi berkas usulan
b. 14 Karya Tulis Ilmiah
c. 3 buah CD Pembelajaran




2 set
1 dos
dalam dos
Di kirim dengan hormat untuk menjadikan periksa dan untuk ditindak lanjuti


                                                            Rowokele,  2 April  2007
                                                            Kepala Sekolah,



                                                                        Bambang Purnomo, S.Pd.
                                                                        Pembina / IV a
                                                                        NIP 131840962

D. Contoh Lampiran Telah Melakukan Kegiatan Pengembangan Profesi
Lampiran Va: Keputusan Mendikbud
Nomor :  025/O/1995
 Tanggal: 8 Maret 1995

SURAT PERNYATAAN MELAKUKAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN PROFESI

Yang bertanda tangan di bawah ini    :
N a m a                                    : Bambang Purnomo, S,Pd.
N I P                                       : 131840962
Pangkat / Golongan                : Pembina / IV a
Jabatan                                                : Kepala SMP Negeri 2 Rowokele
Nama dan Alamat Sekolah     : SMP Negeri 2 Rowokele Jalan Wonoharjo Km 1
                                                  Rowokele Kabupaten Kebumen
Menyatakan bahwa
N a m a                                    : Bambang Purnomo, S,Pd.
N I P                                       : 131840962
Pangkat / Golongan                : Pembina / IV a
Jabatan                                                : Guru Pembina
Nama dan Alamat Sekolah     : SMP Negeri 2 Rowokele Jalan Wonoharjo Km 1
                                                   Rowokele Kabupaten Kebumen
Jenis Guru                               : Guru Mata Pelajaran
Tugas                                       : Mengajar Bahasa Inggris

Telah melakukan kegiatan pengembangan profesi tahun pelajaran: 2005/2006 s.d. 2006/2007

No.
Judul Karya
Jenis
Tahun
Ket (Baru/Rev)
1.
2.

3.



4.




5.





6.

7.


8.

9.


10.



11.


12.


13.


14.



15,


16



17.

Conjugation of verbs, Tenses and Genre Student’s Worksheet Semester 1 dan 2 for the Seventh Year Students
Genre sebagai Bahan Ajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Budipekerti siswa kelas 7A Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gombong
Optimizing Learning Media to Create The Enjoyable English Learning Process (Dipresentasikan pada lomba simposiun guru bahasa Inggris Tk. Jateng Juara I tahun 2005)
Optimizing Learning Media to Create The Enjoyable English Learning Process for Gaining Student Competence (revisi) (Dipresentasikan pada lomba simposiun guru bahasa Inggris Tingkat Nasional tahun 2005)
Pencapaian Kompetensi melalui Pembelajaran Teks
Optimalisasi Reading Comprehension melalui. Paper House Independence Translating
Optimalisasi Gain Score Achievement Nilai Ujian Nasional melalui LUN
Kontektualisasi Pembelajaran Writing dengan Menggunakan Magic Whist melalui Metode BangMoGI
Inovasi Pembelajaran Teks Report dengan Menggunakan Program Power Point dengan Menggunakan Metode BangMoGI
Optimalisasi Pembelajaran Teks Report dengan Menggunakan Magic Whist melalui Metode BangMoGI
Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris melalui Metode BangMoGI

Pembelajaran Teks Descriptive, Report, Procedure, Recount dan Narrative for The Nineth Year Students
Upaya Penyelesaian Masalah SMP Negeri 2 Rowokele dalam 135 Hari melalui Schoolbased Action Research (SAR)
Membuat CD Pembelajaran Teks Narrative dengan judul ‘ The Narrative Genre Learning’
Membuat CD Pembelajaran Teks Report dengan judul ‘ Pembelajaran Teks Report Menggunakan Magic Whist melalui Metode BangMoGI’
Membuat Materi Teks Report dengan Menggunakan Program Power Point
Diktat
Worksheet

Makalah



Makalah




Makalah





Makalah

Makalah


Makalah

Makalah


Makalah



Makalah


Jurnal Pendidikan
Diktat


Makalah



CD Pembelajaran
CD Pembelajaran

Software (CD)
2005
2005

2005



2005




2005





2006

2006


2006

2006


2006



2006


2006


2007


2007



2005


2006



2006
Baru
Baru

Baru
                          


Baru




Baru





Baru

Baru


Baru

Baru


Baru



Baru


Baru


Baru




                                                                                               
V. PENUTUP

            Pada dasarnya usulan angka kredit ke IV b sama dengan usulan-usulan angka kredit pada jenjang  di bawahnya, hanya saja untuk usulan angka kredit ke IV b ke atas mewajibkan guru untuk melakukan kegiatan pengembangan profesi yang dibuktikan dengan karya tulis ilmiah. Karya Tulis Ilmiah dimaksud harus ditulis dengan syarat APIK  (Asli, Perlu, Ilmiah dan Konsisten). Karya Tulis Ilmiah yang paling memberikan peluang bagi guru adalah Makalah dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk guru dan Penelitian Tindakan Berbasis Sekolah (PTS) untuk kepala sekolah. Untuk memulai semua itu harus diperjuangkan untuk itu mulailah dengan 3N ( Niteni, Niroke dan Nambaih). Selamat bekerja. Semoga sukses.
 

2 komentar:

  1. MARI MENCOBA MEMBANGKITKAN SEMANGAT KITA MENULIS KARYA TULIS UNTUK MENDAPATKAN GOLONGAN 4B DAN SETERUSNYA

    BalasHapus
  2. ALANGKAH LEBIH BAIK LAGI DINAS PENDIDIKAN/KEMENAG DAPAT MEMBERIKAN CONTOH KEPADA SEMUA KAPALA MADRASAH/SEKOLAH UNTUK DAPAT MEMBUAT KARYA TULIS SEBAGAI PENUNJANG ANGKA KREDIT KENAIKAN PANGKAT, KARENA MASIH BANYAK GURU YANG MENGATAKAN BAPAK/IBU KEPALA SEKOLAH DULUAN YANG MEMBUATNYA, NANTI BILA BAPAK/IBU KEPALA SUDAH BERHASIL BARU KAMI BARU MENGIKUTINYA... BAGAIMANA YA? KADANG-KADANG KEPALA SEKOLAH/MADRASAH SAJA MASIH KALANG KABUT BELUM MENGETAHUI CARA MEMBUATNYA.

    BalasHapus