Rabu, 09 November 2011

FORMAT RANCANGAN CLASSROOM ACTION RESEARCH (CAR)/ PENELITIAN TINDAKAN KELAS(PTK)




FORMAT RANCANGAN CLASSROOM ACTION RESEARCH (CAR)/ PENELITIAN TINDAKAN KELAS(PTK)
GURU SMP NEGERI 2 GOMBONG
KABUPATEN KEBUMEN
TAHUN PELAJARAN 2005/2006


A. IDENTIFIKASI MASALAH
DATALAH BEBERAPA MASALAH YANG SERING MUNCUL DI KELAS ANDA!
1. Proses pembelajaran berlangsung kurang aktif.
2. Proses pembelajaran kurang kreatif.
3. Proses pembelajaran kurang menyenangkan.
4. Pencapaian kompetensi siswa masih rendah.
5. Sikap positif terhadap pelajaran bahasa Inggris masih perlu ditingkatkan.
6. Kompetensi menulis tidak terarah.
7. Bagaimana cara menulis belum siswa ketahui.
8. Metode Pembelajaran perlu penyesuaian dengan materi pembelajaran.
B. TENTUKAN SALAH SATU MASALAH DALAM BAGIAN (A) YANG PALING “REAL, PROBLEMATIK, MEANINGFUL DAN FEASIBLE”!
            Kompetensi menulis siswa perlu ditingkatkan.
C. CARILAH PENYEBAB TERJADINYA MASALAH (DIAGNOSA)!
            1. Kurikulum yang belus sesuai.
            2. Metode pembelajaran yang belum tepat.
3. Ujian Nasional yang menjadi momok para guru bahasa Inggris karena takut siswanya banyak yang tidak lulus gara-gara tidak mencapai standar minimal yang ditetapkan.
4. Proses penilaian yang selama ini hanya menilai hasil akhir siswa.
5. Situsi pembelajaran yang belum menyenangkan bahkan menegangkan.
6. Keaktifan siswa yang belum dioptimalkan.
7. Variasi dan kretifitas guru perlu dimunculkan.
8. Belum ada langkah optimalisasi pembelajaran menulis.
D. CARILAH PEMECAHAN MASALAH!
1. Implementasi KBK dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Kontekstual ( Contextual Teaching and Learning)/CTL.
2. Menggunakan Metode pembelajaran 2 siklus dan masing-masing siklus meiliki 4 tahap pembelajaran, yakni siklus lisan dan siklus tulis . Metode ini saya beri nama metode BangMoGI
3. Media yang digunakan adalah Magic Whist
E. RUMUSKAN MASALAH PADA BAGIAN (B) DAN PEMECAHAN MASALAH PADA BAGIAN (D) DALAM BENTUK DESKRIPSI  MASALAH!
            1. Bagaimana meningkatkan kompetensi menulis?
            2. Media apa yang bisa mebantu untuk proses pembelajarannya?
F. FORMULASIKAN RUMUSAN MASALAH PADA BAGIAN (E) DALAM BENTUK JUDUL PENELITIAN TIDAK LEBIH DARI 20 KATA DAN HARUS MENGANDUNG UNSUR ‘PROBLEM DAN TREATMENT’!
            “Optimalisasi Pembelajaran Writing dengan Magic Whist”.
G. TENTUKAN TUJUAN PENELITIAN YANG DICARI!
            1. Untuk memperbaiki proses pembelajaran.
            2. Untuk meningkatkan profesionalisme.
H. JELASKAN TAHAP PENELITIAN YANG AKAN DILAKUKAN (ACTION PLAN)!
1. Pokok-pokok aksi
            a. Persipan (Preparing)
            b. Perencanaan(planning)
            c. Pelaksanaan ( Acting)
            d. Pelaporan (Reporting)
2. Tentukan jumlah siklus yang diperlukan!
a.  Siklus tindakan yang akan dilaksanakan adalah 3 siklus tindakan.
b. Siklus ini ada dalam proses pembelajaran dengan metode BangMoGI siklus tulis.
3. Jelaskan prosedur pengumpulan data!
            1. Observasi
            2. Penilaian proses
            3. Penilaian hasil
            4, Portofolio
            5. Angket
            6. Self assessment dan sebagainya hall yang mendukung sebagai data.
4. Jelaskan prosedur monitoring (proses kolaborasi) untuk menghasilkan refleksi!
            a. Dengan diskusi antar guru,guru lain sebagai kolaborator atau observer.
            b. Dokumentasi suatu tindakan ( Film VCD model Pembelajaran)     
5. Tentukan instrumen penelitian yang akan dipakai!
            a. Blangko Penilaian siswa sendiri.
            b. Blangko penilaian proses.
            c. Blangko penilaian hasil.
            d. Questionaire.
            e. Blangko Observasi
            f. Magic cards
                       
6. Buatlah jadwal penelitian!        
            a. Persipan (Preparing) : Januari 2006
            b. Perencanaan(Planning) : Februari  2006
            c. Pelaksanaan ( Acting) : Februari-April 2006
            d. Pelaporan (Reporting) : Mei-Juni  2006

7. Tentukan anggaran yang diperlukan dan sumber pendanaan!
            ??????????????????????????????????????????????????

                                                                                    Gombong, 24 Januari 2006
            `                                                                       Peneliti,



                                                                                    Bambang Purnomo, S.Pd.
                                                                                    NIP 131840962                   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar