FORMAT RANCANGAN
CLASSROOM ACTION RESEARCH (CAR)/
PENELITIAN TINDAKAN KELAS(PTK)
GURU SMP
NEGERI 2 GOMBONG
KABUPATEN
KEBUMEN
TAHUN
PELAJARAN 2005/2006
A.
IDENTIFIKASI MASALAH
DATALAH
BEBERAPA MASALAH YANG SERING MUNCUL DI KELAS ANDA!
1.
Proses pembelajaran berlangsung kurang aktif.
2.
Proses pembelajaran kurang kreatif.
3. Proses
pembelajaran kurang menyenangkan.
4.
Pencapaian kompetensi siswa masih rendah.
5. Sikap
positif terhadap pelajaran bahasa Inggris masih perlu ditingkatkan.
6. Kompetensi
menulis tidak terarah.
7. Bagaimana
cara menulis belum siswa ketahui.
8.
Metode Pembelajaran perlu penyesuaian dengan materi pembelajaran.
B. TENTUKAN SALAH SATU MASALAH
DALAM BAGIAN (A) YANG PALING “REAL, PROBLEMATIK, MEANINGFUL DAN FEASIBLE”!
Kompetensi menulis siswa perlu ditingkatkan.
C.
CARILAH PENYEBAB TERJADINYA MASALAH (DIAGNOSA)!
1. Kurikulum yang belus sesuai.
2. Metode pembelajaran yang belum
tepat.
3. Ujian Nasional yang menjadi momok
para guru bahasa Inggris karena takut siswanya banyak yang tidak lulus
gara-gara tidak mencapai standar minimal yang ditetapkan.
4.
Proses penilaian yang selama ini hanya menilai hasil akhir siswa.
5. Situsi pembelajaran yang belum
menyenangkan bahkan menegangkan.
6. Keaktifan siswa yang belum
dioptimalkan.
7. Variasi dan kretifitas guru perlu
dimunculkan.
8. Belum ada langkah optimalisasi
pembelajaran menulis.
D.
CARILAH PEMECAHAN MASALAH!
1. Implementasi KBK dengan menggunakan
pendekatan pembelajaran Kontekstual ( Contextual Teaching and Learning)/CTL.
2. Menggunakan Metode pembelajaran 2
siklus dan masing-masing siklus meiliki 4 tahap pembelajaran, yakni siklus
lisan dan siklus tulis . Metode ini saya beri nama metode BangMoGI
3. Media yang digunakan adalah Magic
Whist
E.
RUMUSKAN MASALAH PADA BAGIAN (B) DAN PEMECAHAN MASALAH PADA BAGIAN (D) DALAM
BENTUK DESKRIPSI MASALAH!
1. Bagaimana meningkatkan kompetensi
menulis?
2. Media apa yang bisa mebantu untuk
proses pembelajarannya?
F.
FORMULASIKAN RUMUSAN MASALAH PADA BAGIAN (E) DALAM BENTUK JUDUL PENELITIAN
TIDAK LEBIH DARI 20 KATA DAN HARUS MENGANDUNG UNSUR ‘PROBLEM DAN TREATMENT’!
“Optimalisasi Pembelajaran Writing dengan Magic Whist”.
G. TENTUKAN
TUJUAN PENELITIAN YANG DICARI!
1. Untuk memperbaiki proses
pembelajaran.
2. Untuk meningkatkan
profesionalisme.
H.
JELASKAN TAHAP PENELITIAN YANG AKAN DILAKUKAN (ACTION PLAN)!
1. Pokok-pokok aksi
a.
Persipan (Preparing)
b. Perencanaan(planning)
c. Pelaksanaan ( Acting)
d. Pelaporan (Reporting)
2.
Tentukan jumlah siklus yang diperlukan!
a.
Siklus tindakan yang akan dilaksanakan adalah 3 siklus tindakan.
b. Siklus ini ada dalam proses
pembelajaran dengan metode BangMoGI siklus tulis.
3.
Jelaskan prosedur pengumpulan data!
1. Observasi
2. Penilaian proses
3. Penilaian hasil
4, Portofolio
5. Angket
6. Self assessment dan sebagainya
hall yang mendukung sebagai data.
4. Jelaskan prosedur monitoring
(proses kolaborasi) untuk menghasilkan refleksi!
a.
Dengan diskusi antar guru,guru lain sebagai kolaborator atau observer.
b.
Dokumentasi suatu tindakan ( Film VCD model Pembelajaran)
5. Tentukan instrumen penelitian
yang akan dipakai!
a.
Blangko Penilaian siswa sendiri.
b.
Blangko penilaian proses.
c.
Blangko penilaian hasil.
d.
Questionaire.
e.
Blangko Observasi
f. Magic cards
6. Buatlah jadwal penelitian!
a. Persipan (Preparing) : Januari 2006
b. Perencanaan(Planning) : Februari 2006
c. Pelaksanaan ( Acting) : Februari-April
2006
d. Pelaporan (Reporting) : Mei-Juni 2006
7.
Tentukan anggaran yang diperlukan dan sumber pendanaan!
??????????????????????????????????????????????????
Gombong,
24 Januari 2006
` Peneliti,
Bambang
Purnomo, S.Pd.
NIP
131840962
Tidak ada komentar:
Posting Komentar