Cara Sukses
Usul Angka
Kredit ke IV
b
Oleh:
Bambang Purnomo
Bambang Purnomo
I. PENDAHULUAN
Kenaikan
pangkat dari golongan II a sampai dengan golongan IV a relatif mudah dan tidak
adanya syarat khusus yang harus dilaksanakan sebagai syarat untuk usul angka
kredit guna kenaikan pangkat pada golongan-giolongan pangkat tersebut.
Kenaikan
pangkat dari golongan IV a ke golongan IV b ke atas seorang guru harus
menyertakan kegiatan pengembangan profesi yang merupakan syarat wajib yang
harus ada dalam penilaian angka kredit ke IV b sebesar 12 poin angka kredit
yang harus diperolah selama guru tersebut menduduki golongan IV a.
Kenyataan
yang ada sampai saat ini kenaikan ke golongan IV b masih relatif sedikit karena
masih banyaknya para guru enggan untuk mengusulkan angka kreditnya ke golongan
IV b dengan berbagai alas an dan argumentasi mengapa beliau tidak mau
mengusulkannya padahal mereka sudah duduk di golongan IV a sudah cukup lama
bahkan ada yang lebih dari 5 tahun.
Hal
tersebut diatas tentunya ada masalah yang menyebabkan mengapa mereka enggan dan
apa solusi untuk membangkitkan minat mereka untuk meningkatkan profesionalisme.
II.
MEMBANGUN MOTIVASI
Keinginan
atau motivasi adalah salah satu penyebab seseorang mau atau tidakmau untuk
melakukan sesuatu. Hal ini jadi penting pada saaat seseorang yang sudah nyaman
dengan status quo untuk melakukan perubahan pada kondisi yang berbeda yang
mungkin akan mendatangkan hal-hal baru yang harus dimiliki pada diri seseorang
tersebut. Mudahkan seseorang merubah dirinya menjadi seorang yang memiliki
motivasi tinggi untuk melakukan sesuatu yang jelas-jelas akan mempengaruhi
kenyamanan diri seseorang yang sudah lama mereka nikmati?
Kita
tahu bahwa guru adalah jabatan
fungsional untuk meningkatkansalah satu bentuk kesejahteraan yang relevan dengan bidang
tugasnya adalah dengan usul angka kredit sehingga dapat naik pangkat setinggi-tingginya karena
peraturan telah memberi kesempatan kepada semua Janis dan jenjang guru untuk
dapat naik pangkat sampai ke golongan IV e.
Perenungan hati dan senam hati perlu
dilakukan oleh masing-masing individu untuk membangkitkan motivasi sehingga
seseorang mau untuk memulai merubah apa yang mungkin sudah dirasa nyaman selama
ini. Gunakan ilmu AMBaK untuk
membangkitkan motivasi diri.
A. Apa itu Ilmu AMBaK?
Ilmu AMBak adalah ilmu yang melatih
hati nurani seseorang untuk melakukan/atau tidak melakukan sesuatu diukur
dengan kebermanfaatan hal tersebut dengan cara menanyakan pada hati nurani
masing-masing individu?
A : Apa
M : Manfaat
Ba : Bagi
K : Ku ?
B.
Melatih dengan Senam Hati
Diri
yang belum memiliki motivasi diibaratkan sebuah bidang lingkaran yang gelap.
Tugas individu tersebut untuk mengolah hati dengan selalu menanyakan apakah
bermanmaat atau tidak bermanfaat begi seseorang jika seseorang melakukan
sesuatu.
Contoh:
Gambar 1: Gambar pada kondisi seseorang 0 % tidak memiliki
motivasi.digambarkan oleh bidang lingkaran yang gelap total
Kondisi individu yang seperti itu sangatlah sukar
untuk merubahnya, kecualai individu itu sendiri berniat untuk berubah. Hal
tersebut terjadi karena individu tersebut sudah nyaman dan menikmati kondisi
yang demikian atau bisa dikatakan sudah puas pada status quo tersebut.
Gambar 2 : Gambar pada kondisi seseorang 25 % memiliki motivasi.digambarkan oleh
bidang lingkaran yang cukup gelap
Kondisi individu yang seperti itu masih sukar
untuk merubahnya, kecuali individu itu sendiri berniat untuk berubah. Hal
tersebut terjadi karena individu tersebut telah mandapat kenyamanan dan
kenikmatan yang masih mempengaruhi pada dirinya untuk merubah dari kebiasaan
yang sudah dialami selama ini dan tidak yakin kalau dirinya melakukan perubahan
mungkin juga tidak merubah apapun..
Gambar 3 : Gambar pada kondisi seseorang 50 % memiliki motivasi.digambarkan oleh
bidang lingkaran yang setengah gelap
Kondisi individu yang seperti itu tinggal tambahkan
niat untuk merubahnya, maka kondisi akan segera berubah. Hal tersebut terjadi
karena individu tersebut telah mandapat modal yang cukup baik untuk merubah
dirinya karena 50% motivasi telah dimilikinya. Selanjutnya dipupuk terus agar
motivasinya kian bertambah. Mereka
tinggal membuat keputusan basar dalam hidupnya. Mau berubah atau tetap? Kalau
berubah tentu ada resiko dan kosekuensinya untuk menghadapi tantangan dan
mengisi peluang yang ada.
Gambar 4 : Gambar pada kondisi seseorang 75 % memiliki motivasi.digambarkan oleh
bidang lingkaran yang sedikit gelap
Kondisi individu yang seperti itu sudah dalam
proses perubahan ke hal yang lebih baik, lebih positif, dan sudah memiliki jiwa
optimis yang diyakini akan merubah dirinya ke hal yang lebih baik dari kondisi
sekarang. Kondisi demikian tinggal menambahkan cara-cara, solusi-solusi apa
yang harus dilakukan sehingga dapat unt6uk segera berubah ke kondisi yang lebih
baik.
Gambar 5 : Gambar pada kondisi seseorang 100 % memiliki motivasi.digambarkan oleh
bidang lingkaran yang benar-benar terang
Kondisi individu yang seperti itu sudah yakin
benar bahwa perubahan kehal yang lebih baik, lebih positif harus dilakukan dan
sudah merupakana kebutuhan dalam hidupnya. Karena hidup sendiri adalah hal yang
berubah. Hidup adalah integral proses yang dibatasi oleh adanya kelahiran dan
kematian. Apa saja kegiatan yang bermanfaat akan dilakukan untuk merubah
keadaan yang lebih baik dan lebih positif.
C. Refleksi Diri
Selanjutnya pada posisi dimana keberadaan
kita? Tentu hanya
individu-individu masing-masing yang tahu persis keberadaannya. Untuk itu
perlu mengintrospeksi kita
masing-masing, setelah itu berniat untuk melakukan keputusan besar dalam hidup
yang serasa sudah nyaman tetapi sebenarnya masih banyak yang bisa dilakukan
dengan cara membuat keputusan dalam diri masing-masing untuk saatnya berubah?
Sekali lagi putuskan bahwa kita bisa untuk segera berubah. Jadikanlah bukan saatnya menjadi saatnya.
III. PENGEMBANGAN PROFESI GURU
Pengembangan profesi yang dapat
dilakukan oleh seorang guru ada 5 kegiatan antara lain: Karya Tulis Ilmiah,
Pengembangan Kurikulum, Karya Seni, Alat Peraga dan Teknologi Tepat Guna. Dari
ke lima kegiatan yang sangat memungkinkan dilakukan oleh seorang guru dan
memiliki peluang yang sangat besar utnuk berhasil melakukan kegiatan tersebut
adalah kegiatan karya tulis ilmiah. Kegiatan Karya Tulis Ilmiah meliputi:
makalah yang dipulikasikan, makalah yang tidak dipublikasikan, buku,
diktat/modul, tulisan ilmiah dan sebagainya seperti yang tertera pada Keputusan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 025/O/1995 tentang
petunjuk teknis ketentuan pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angka
kreditnya.
A. Petunjuk Teksnis Pengajuan Angka Kredit ke Golongan IV b ke Atas:
Bagi pegawai yang akan mengajukan angka
kredit golongan IV A ke atas, harus melampirkan :
1. Surat pengantar dari
Kepala Sekolah
2. Bukti fisik Proses Belajar Mengajar
3. Bukti fisik Pengembangan Profesi (Daftar yang
diusulkan)
4. Bukti fisik Pengembangan Profesi (Bukti fisik asli/foto copy yang
sudah disahkan)
5. DP3 2 tahun terakhir
6. Kartu pegawai ( fotocopi dilegalisir )
7. SK Kenaikan pangkat terakhir ( fotocopi
legalisir )
8. PAK ( Penetapan Angka Kredit ) terakhir (
fotokopi dilegalisir )
9. Sertifikat/STTPL/Ijasah yang per nah diikuti
sesuai dengan bidang tugas
10. Surat keterangan mengikuti seminar
11. Surat Keterangan menjadi anggota / pengurus
organisasi ( profesi dll )
Keterangan:
* Pengesahan
Pengembangan Profesi oleh Kepala Sekolah, Perpustakaan Sekolah dan Organisasi
Profesi ( PGRI )
* No. 9, 10 dan 11
hanya jika ada, ( fotocopi dilegalisir )
B. Alur Praktis Mengajukan Karya
Ilmiah/Karya Tulis Ilmiah (KTI)
Sekarang,
alur untuk mengajukan karya tulis ilmiah di Provinsi Jawa Tengah sudah lebih
praktis dibanding sebelumya. Adapun cara pengajuan penilaian angka kredit ke IV
b adalah sebagai berikut:
- Berkas usulan angka kredit baik tentang pembelajaran maupun berkas usulan pengembangan profesi diusulkan secara bersama-sama. (Dari pengalaman hanya diminta rangkap 1)
- Bukti pengembangan profesi dibuat daftar karya pengembangan profesi yang disatukan dengan bukti fisik karya asli/fotokopi yang sudah disahkan.
- Kirim/bawa sendiri ke Bagian Kepegawaian LPMP Jawa Tengah.
- Ikuti langkah-langkah seperti dalam diagram gambar 5 di bawah ini.
Gambar 5: Diagram gambar alur praktis mengajukan penilaian karya ilmiah/karya tulis
ilmiah.
C. Keberhasilan Usulan
Untuk
mengetahu berhasil atau tidaknya suatu usulan pada periode penilaian tertentu
dapat diidentifikasi dengan pengamatan proses sebagai berikut:
Jika dalam kurun waktu tertentu setelah adanya
penilaian.
- Bagi yang dikirimi surat pemberitahuan dari LPMP Jawa Tengah biasanya masih ada kekurangan untuk mencapai nilai 12 berarti usulan pada saat itu belum lolos.
- Bagi yang tidak ada pemberitahuan berarti usulan lolos dan akan dikirim PAK nya langsung dari Depdiknas pada yang bersangkutan.
D. Tim Penilai di Jawa Tengah
Berdasarkan
Surat Keputusan Biro Kepegawaian Departemen Pendidikan Nasional tim penilai
pusat yang ada di Jawa Tengah adalah sebagai berikut:
1. Prof. Drs. H. Supardi
2.
Drs. H. Sudibyo AP, M.Pd
3.
Dra. Hj. Andjar Prijatmi, Msi
4.
Drs. H. Muryono, SH, M.Pd
5. Drs. Sukirman, S.Pd, SH, MM
IV. CONTOH-CONTOH BERKAS USULAN KE IV B
A. Cover Usulan
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
|
|||||||
SMP NEGERI 2 ROWOKELE
|
|||||||
Alamat: Jalan
Wonoharjo Km. 1 Desa Wonoharjo
|
|||||||
Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen
|
|||||||
Kode Pos 54472 Telpon (0287)5528222
|
|||||||
DAFTAR USUL
PENETAPAN ANGKA KREDIT JABATAN GURU
|
|||||||
MASA PENILAIAN
|
|||||||
01 Juli 2005
|
s/d
|
30 Juni 2007
|
|||||
KETERANGAN PERORANGAN
|
|||||||
1.
N A M A
|
BAMBANG
PURNOMO, S.Pd.
|
||||||
2.
NIP/NOMOR SERI KARPEG
|
131840962
/E. 821913
|
||||||
3.
TEMPAT/TGL.LAHIR
|
Kebumen,
25 April 1965
|
||||||
4.
JENIS KELAMIN
|
Laki-laki
|
||||||
5.
PEND. YANG TELAH
|
Sarjana/Akta
IV
|
||||||
DIPERHITUNGKAN ANGKA
|
|||||||
KREDITNYA
|
|||||||
6.
PANGKAT/GOL.RUANG/TMT
|
Pembina
/ IV a / 1 Oktober 2005
|
||||||
7.
JABATAN GURU / TMT
|
Guru
Pembina / 1 Oktober 2005
|
||||||
8.
MASA KERJA GOL
|
LAMA
|
14
tahun 7 bulan
|
|||||
BARU
|
16
tahun 4 bulan
|
||||||
9.
JENIS GURU
|
Guru
Mata Pelajaran
|
||||||
10.
TUGAS
|
Mengajar
Bahasa Inggris
|
||||||
11.
ALAMAT
|
SEKOLAH
|
Jalan Wonoharjo Km. 1 Wonoharjo Kecamatan Rowokele Kab.
Kebumen KP
54472 Telp. (0287)5528222
|
|||||
RUMAH
|
Gang
Anggrek III/155 Rt 08 Rw 01 Gombong Kabupaten Kebumen KP 54411 Telpon (0287)
5528228 HP 08157998113
|
||||||
B. DUPAK Lampiran I
C. Contoh Surat Pengantar
|
|||||
KEPADA:
Yth.
Kepala LPMP Jawa Tengah
Jalan Kyai Maja Srondol Kulon Semarang
KP 50263 Telp. (024) 7474192
C.q
Kepala Bagian Kepegawaian
di Semarang
S U R A T P E N G A N T A R
NOMOR:
800 / / 2007
NO
|
ISI SURAT/ BARANG
|
JUMLAH
|
KETERANGAN
|
1.
|
Persyaratan Usul Penetapan Angka Kredit
masa penilaian: 1 Juli 2005 sampai dengan 30 Juni 2007 atas nama: Bambang
Purnomo, S.Pd. NIP 131840962 Unit kerja SMP Negeri 2 Rowokele Kabupaten
Kebumen
a. Set DUPAK
dalam stopmap berisi berkas usulan
b. 14 Karya
Tulis Ilmiah
c. 3 buah CD
Pembelajaran
|
2 set
1 dos
dalam dos
|
Di kirim dengan hormat untuk menjadikan
periksa dan untuk ditindak lanjuti
|
Rowokele, 2 April
2007
Kepala
Sekolah,
Bambang
Purnomo, S.Pd.
Pembina / IV a
NIP
131840962
Tembusan:
- Kepala Dinas P dan K Kabupaten Kebumen.
- Kabid Tendik Dinas P dan K Kabupaten Kebumen
- Kepala BKD Kabupaten Kebumen
KEPADA:
Yth.
Menteri Pendidikan Nasional
u.p. Kepala Biro Kepegawaian
(Tim
Penilai Pusat)
di Lembaga Penjaminan Mutu
Pendidikan
Propinsi Jawa Tengah
Jalan Kyai Maja Srondol Kulon Semarang
KP 50263 Telp. (024) 7474192
c.q
Kepala Bagian Kepegawaian
di Semarang
S U R A T P E N G A N T A R
NOMOR:
800 / / 2007
NO
|
ISI SURAT/ BARANG
|
JUMLAH
|
KETERANGAN
|
1.
|
Persyaratan Usul Penetapan Angka Kredit
masa penilaian: 1 Juli 2005 sampai dengan 30 Juni 2007 atas nama: Bambang
Purnomo, S.Pd. NIP 131840962 Unit kerja SMP Negeri 2 Rowokele Kabupaten Kebumen
a. Set DUPAK
dalam stopmap berisi berkas usulan
b. 14 Karya
Tulis Ilmiah
c. 3 buah CD
Pembelajaran
|
2 set
1 dos
dalam dos
|
Di kirim dengan hormat untuk menjadikan
periksa dan untuk ditindak lanjuti
|
Rowokele, 2 April
2007
Kepala
Sekolah,
Bambang Purnomo, S.Pd.
Pembina
/ IV a
NIP 131840962
D. Contoh Lampiran Telah Melakukan Kegiatan Pengembangan Profesi
Lampiran Va: Keputusan Mendikbud
Nomor :
025/O/1995
Tanggal: 8
Maret 1995
SURAT PERNYATAAN MELAKUKAN
KEGIATAN
PENGEMBANGAN PROFESI
Yang bertanda
tangan di bawah ini :
N a m a : Bambang
Purnomo, S,Pd.
N I P :
131840962
Pangkat /
Golongan : Pembina / IV a
Jabatan :
Kepala SMP Negeri 2 Rowokele
Nama dan Alamat
Sekolah : SMP Negeri 2 Rowokele Jalan
Wonoharjo Km 1
Rowokele Kabupaten Kebumen
Menyatakan bahwa
N a m a : Bambang
Purnomo, S,Pd.
N I P :
131840962
Pangkat /
Golongan : Pembina / IV a
Jabatan :
Guru Pembina
Nama dan Alamat
Sekolah : SMP Negeri 2 Rowokele Jalan
Wonoharjo Km 1
Rowokele Kabupaten Kebumen
Jenis Guru : Guru Mata
Pelajaran
Tugas :
Mengajar Bahasa Inggris
Telah melakukan
kegiatan pengembangan profesi tahun pelajaran: 2005/2006 s.d. 2006/2007
No.
|
Judul Karya
|
Jenis
|
Tahun
|
Ket (Baru/Rev)
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15,
16
17.
|
Conjugation
of verbs, Tenses and Genre Student’s Worksheet Semester 1 dan 2 for the
Seventh Year Students
Genre sebagai Bahan Ajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan
Budipekerti siswa kelas 7A Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gombong
Optimizing
Learning Media to Create The Enjoyable English Learning Process (Dipresentasikan pada lomba simposiun guru bahasa Inggris Tk.
Jateng Juara I tahun 2005)
Optimizing
Learning Media to Create The Enjoyable English Learning Process for Gaining
Student Competence (revisi)
(Dipresentasikan pada lomba simposiun guru bahasa Inggris Tingkat Nasional
tahun 2005)
Pencapaian Kompetensi melalui Pembelajaran Teks
Optimalisasi Reading Comprehension melalui. Paper House Independence
Translating
Optimalisasi Gain
Score Achievement Nilai Ujian Nasional melalui LUN
Kontektualisasi
Pembelajaran Writing dengan Menggunakan Magic Whist melalui
Metode BangMoGI
Inovasi
Pembelajaran Teks Report dengan Menggunakan Program Power Point
dengan Menggunakan Metode BangMoGI
Optimalisasi
Pembelajaran Teks Report dengan Menggunakan Magic Whist melalui
Metode BangMoGI
Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris melalui Metode BangMoGI
Pembelajaran
Teks Descriptive, Report, Procedure, Recount dan Narrative for The
Nineth Year Students
Upaya
Penyelesaian Masalah SMP Negeri 2 Rowokele dalam 135 Hari melalui Schoolbased
Action Research (SAR)
Membuat CD
Pembelajaran Teks Narrative dengan judul ‘ The Narrative Genre
Learning’
Membuat CD
Pembelajaran Teks Report dengan judul ‘ Pembelajaran Teks Report Menggunakan
Magic Whist melalui Metode BangMoGI’
Membuat Materi
Teks Report dengan Menggunakan Program Power Point
|
Diktat
Worksheet
Makalah
Makalah
Makalah
Makalah
Makalah
Makalah
Makalah
Makalah
Makalah
Jurnal Pendidikan
Diktat
Makalah
CD Pembelajaran
CD Pembelajaran
Software (CD)
|
2005
2005
2005
2005
2005
2006
2006
2006
2006
2006
2006
2006
2007
2007
2005
2006
2006
|
Baru
Baru
Baru
Baru
Baru
Baru
Baru
Baru
Baru
Baru
Baru
Baru
Baru
|
V. PENUTUP
Pada
dasarnya usulan angka kredit ke IV b sama dengan usulan-usulan angka kredit
pada jenjang di bawahnya, hanya saja
untuk usulan angka kredit ke IV b ke atas mewajibkan guru untuk melakukan
kegiatan pengembangan profesi yang dibuktikan dengan karya tulis ilmiah. Karya
Tulis Ilmiah dimaksud harus ditulis dengan syarat APIK (Asli, Perlu, Ilmiah
dan Konsisten). Karya Tulis Ilmiah yang paling memberikan peluang bagi guru
adalah Makalah dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk guru dan
Penelitian Tindakan Berbasis Sekolah (PTS) untuk kepala sekolah. Untuk memulai
semua itu harus diperjuangkan untuk itu mulailah dengan 3N ( Niteni, Niroke dan Nambaih).
Selamat bekerja. Semoga sukses.
MARI MENCOBA MEMBANGKITKAN SEMANGAT KITA MENULIS KARYA TULIS UNTUK MENDAPATKAN GOLONGAN 4B DAN SETERUSNYA
BalasHapusALANGKAH LEBIH BAIK LAGI DINAS PENDIDIKAN/KEMENAG DAPAT MEMBERIKAN CONTOH KEPADA SEMUA KAPALA MADRASAH/SEKOLAH UNTUK DAPAT MEMBUAT KARYA TULIS SEBAGAI PENUNJANG ANGKA KREDIT KENAIKAN PANGKAT, KARENA MASIH BANYAK GURU YANG MENGATAKAN BAPAK/IBU KEPALA SEKOLAH DULUAN YANG MEMBUATNYA, NANTI BILA BAPAK/IBU KEPALA SUDAH BERHASIL BARU KAMI BARU MENGIKUTINYA... BAGAIMANA YA? KADANG-KADANG KEPALA SEKOLAH/MADRASAH SAJA MASIH KALANG KABUT BELUM MENGETAHUI CARA MEMBUATNYA.
BalasHapusMari teruskan budaya menulis ilmiah untuk menjadi orang yang profesional
BalasHapusTerima kasih atas infonya
BalasHapusseandainya ada file yang bisa diunduh lebih bermanfaat lagi bagi teman2 yg membutuhkan
BalasHapusKlo ada yang mau menjurnalkan karya ilmiahnya, silakan :085298760833
BalasHapusmenerbitkannya maksudnya mas? bentuk jurnal sudah selesai. tinggal institusi penerbit yang belum tahu..
Hapuslalalallalalalalalalalalalalallalal
BalasHapusoh yea bagus
Alhamdulillah tambah ilmu dan tambah bersemangat untuk naik ke IV C..., terimA Kasih
BalasHapus